Surat Pernyataan Bebas Narkoba Ditandatangani di Atas Materai

Pengertian Surat Pernyataan Bebas Narkoba



Surat pernyataan bebas narkoba merupakan dokumen atau surat yang berisi pernyataan dari seseorang yang menyatakan bahwa dirinya tidak terlibat dalam penggunaan, penyalahgunaan, dan peredaran narkoba. Surat ini biasanya dibutuhkan pada saat melamar pekerjaan, mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, atau keperluan lainnya yang memerlukan bukti bahwa seseorang bebas dari narkoba.


Kegunaan Surat Pernyataan Bebas Narkoba



Surat pernyataan bebas narkoba sangat penting karena dapat menjadi salah satu syarat penting untuk memperoleh pekerjaan atau masuk ke perguruan tinggi. Dalam beberapa perusahaan dan perguruan tinggi, surat pernyataan bebas narkoba bahkan menjadi syarat wajib untuk dapat diterima.
Selain itu, surat pernyataan bebas narkoba juga dapat digunakan sebagai bukti bahwa seseorang terbebas dari penggunaan narkoba. Hal ini sangat penting terutama bagi orang yang ingin memulai hidup baru dan meninggalkan masa lalu yang kelam dalam penggunaan narkoba.


Prosedur Pembuatan Surat Pernyataan Bebas Narkoba



Untuk membuat surat pernyataan bebas narkoba, seseorang harus datang ke kantor notaris atau agen materai untuk membeli materai sebesar Rp 10.000,-. Setelah itu, surat pernyataan bebas narkoba dapat dibuat dengan mengikuti format yang telah ditentukan.
Surat pernyataan bebas narkoba harus diisi dengan jujur dan benar karena melanggar isi surat pernyataan dapat dikenakan sanksi pidana. Setelah selesai mengisi surat pernyataan bebas narkoba, seseorang harus menandatanganinya di atas materai yang telah dibeli sebelumnya.


Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba



Berikut adalah contoh surat pernyataan bebas narkoba yang dapat digunakan sebagai referensi:
SURAT PERNYATAAN BEBAS NARKOBA
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap: (isi nama lengkap)
Tempat/Tanggal Lahir: (isi tempat dan tanggal lahir)
Alamat: (isi alamat lengkap)
Dengan ini saya menyatakan bahwa:
1. Saya tidak pernah dan tidak sedang menggunakan narkoba jenis apapun.
2. Saya tidak pernah dan tidak sedang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.
3. Saya tidak pernah dan tidak sedang terlibat dalam peredaran narkoba.
Saya siap menerima konsekuensi hukum apabila pernyataan ini tidak benar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.
Demikian surat pernyataan bebas narkoba ini saya buat dengan sebenarnya dan atas kesadaran penuh tanpa paksaan dari pihak manapun.
(isi tempat dan tanggal)
(isi nama lengkap)


Kesimpulan



Surat pernyataan bebas narkoba sangat penting untuk menjadi bukti bahwa seseorang tidak terlibat dalam penggunaan, penyalahgunaan, dan peredaran narkoba. Surat ini dapat digunakan pada saat melamar pekerjaan atau masuk ke perguruan tinggi. Untuk membuat surat pernyataan bebas narkoba, seseorang harus membeli materai sebesar Rp 10.000,- dan mengisi surat pernyataan dengan jujur dan benar sebelum menandatanganinya di atas materai.

close